Kamis, 10 Mei 2012

pengantar manajemen,, POAC


Pengantar Manajemen pengertian dan masalah POAC dalam pengantar manajemen
Assalamualaikum wr wb
Pada tugas kali ini saya akan membahas apa yang dimaksud dengan manajemen, dan masalah POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling). Yang pertama manajememen adalah suatu hal yang tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan manusia manajemen dilakukan manusia dalam setiap kehidupannya tidak hanya dilakukan dalam kegiatan perusahaan semata yang cenderung kompleks tapi juga dilakukan kegiatan sehari hari seperti pengaturan jadwal kegiatan yang dlakukan oleh siswa –siswa sekolah meerupakan kegiatan manajemen. Mengapa kita harus melakukan kegiatan manajemen ? jawabannya mungkin sederhana karena dengan manjemen apa yang kita lakukan jauh lebih teratur dan lebih mudah dalam melakukan eksekusi rencana yang sudah kita rencanakan. Dalam ilmu manajemen kita akan mengenal apa yang dimaksud dengan perencanaan, organisasi, pelaksanaan,dan pengawasan atau pengontrolan. Kembali ke topic saya skan menjelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen.
Kita umumnya mengartikan manajemen sebagai cara atau bentuk pengaturan, akan tetapi arti manajemen lebih dari sekedar pengaturan dan perencanaan.
1.Pengertian manajemen
Secara garis besar yang dimaksud dengan manajemen adalah Pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang efektif melalui planning, organizing, leading (actuating), dan controlling sumber daya organisasi. Namun para ahli mempunyai beberapa pengertian yang berbeda antara lain:
·         Seni menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (follet, 1997).
·         Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
·         Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie & Kurniawan 2005)
Manajemen juga mempunyai funsi selain sebagai cara mencapai tujuan antara lain fungsi tersebuta adalah ;
1.      Perencanaan
• Menentukan tujuan-tujuan, menentukan tugas, menentukan sumber daya
2.      Pengorganisasian
• Menentukan dan mengelompokkan tugas-tugas, alokasi sumber daya, penentuan otoritas
3.      Kepemimpinan
• Pengaruh → Motivasi
4.      Pengendalian
• Mengawasi aktivitas, koreksi, mengawasi target dan tujuan

 
2.Konsep dasar manajemen
Manajemen sama seperti semua ilmu lain mempunyai konsep dasar, beberapa konsep dasar dalam manajemen antara lain persoalan dasar manajemen, Kinerja, Pendekatan, Tingkat, Atribut, dan Evolusi Sistem Manajemen
Pertama saya akan mencoba menjelaskan apakah yang mejadi persoalan dalam ilmu manajemen. Secara teknis persoalan dasar dalam manajemen terdiri dari dua bagian yaitu masalah ketidakpastian (ketidaklengkapan informasi mengenai apa yang akan terjadi di masa depan) dan yang kedua keterbatasan (masalah sumber daya alam yang tidak tersedia saat dibutuhkan atau bisa dibilang masalah keterbatasan sumber daya alam). Kedua kinerja manajemen menurut Drucker ada dua hal dalam kinerja manajemen yaitu berdasarkan efisiensi (hubungan input dan output menghasilkan sumber-sumber yang ekonomis atau mengerjakan pekerjaan yang tepat atau benar) efektif(kemampuan untukmenentukan tujuan dan mencapainya). Masalah selanjutnya adalah pendekatan dalam manajemen melakukan pendekatan dalam manajemen bisa melalui tiga cara yaitu melalui pendekatan kewirausahaan, pendekatan penyesuaian, dan pendekatan terencana.
Hal selanjutnya dalam konsep dasar manajemen adalah level manajemen yang bisa dibilang susunan atau hierarki dalam manajemen, dalam suatu manajemen level atau tingkatan manajemen adalah para pembuat keputusan atau orang yang bertanggung jawab dalam keputusan manajemen tersebut yaitu ;
• First line manager : memerintahkan para pelaksana (foremen, supervisor)
• Middle manager : memerintah first line manager,menjabarkan strategi &kebijaksanaan perusahaan dalam kegiatan operasional
• Top manager : bertanggung jawab atas seluruh manajemen perusahaan, merumuskan strategi & policy perusahaan
Yang terakhir adalah perubahan atau evollusi dari system manajemen dapat dibilang manajemen ada sejak dahulu tapi metode manajemen klasik mulai dikenal sejak zaman revolusi industry di Inggris secara garis besar evolusi system manajemen adalah :
·         1. Management by control (of performance)
·         2. Management by exploration
·         3. Management by anticipation
·       ````````````````````````````````````  4. Management by flexible/rapid respond
Selanjutnya adalah masalah POAC atau dikenal dengan planning , Organizing, Actuating, dan Controlling .
·         Planning, atau proses perencanaan adalah proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
·         Organizing, atau dalam bahasa Indonesia perorganiasasian merupakan proses menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi
·         Actuating,atau pelaksanaan dan implementasi, perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya manusia yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal khusus sehingga perlu dilakukan penyesuian. Setiap SDM harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing SDM untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi yang telah ditetapkan.
·         Controlling, proses pengawasan dan pengendalian adalah proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Selanjutnya adalah implementasian dari dua hal diatas dalam perusahaan,dalam suatu perusahaan yang belum atau baru berdiri hal yang pertama dalam melekukan manajemen kegiatan perusahaan adalah menentukan tujuan perusahaan dan target bisnis , menentukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut,menentukan sumber daya yang akan digunakan dan menerapkan indicator keberhasilan perusahaan misalnya dari sebuah perusahaan roti kita akan melihat apa saja visi dan misi dari perusahaan tersebut apakah berbasis keuntungan semata atau lainnya bila berbasis keuntungan perusahaan akan mebuat rencana yang dapat mencapai tujuannya yaitu keuntungan bisa dengan mengadakan diskon pembelian pertama dan sebagainya, hal diatas atas contoh dari planning.
Langkah selanjutnya adalah perorganisasian dalam membangun sebuah perusahaan biasanya dilakukan dengan menetapkan struktur organisasi kegiatan usaha tersebut dan Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan hal ini penting mengingat bagaimanapun organisasi adalah cara untuk melakukan pembagian tugas dan cara untuk mencapai tujuan perusahaan.
Selanjutnya adalah actuating atau pelaksanaan adalah cara implementasi program sehingga program atau kegiatan manajemen dapat dilakukan dan dijalankan oleh semua unsure manajemen dengan baik, proses ini juga dilengkapi dengan proses motivasi agar semua pihak dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Dalam actuating kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan adalah dengan :
·         Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
·         Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
·         Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
Langkah terakhir dalam POAC adalah controlling atau fungsi pengawasan dimanakita melihat apakah rencana, pengorganisasian, dan implementasi atau pelaksanaan program kerja perusahaan sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan meskipun terjadi perubahan di lingkungan bisnis yang dihadapi kegiatan dalamproses ini cenderung bersifat membuat kesimpulan apakah perusahaan sudah berjalan sebagaimana mestinya atau bahkan melenceng dari target awal perusahaan misalnya , contoh kegiatan ini adalah: Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan , dan Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari kegiatan manajemen dengan cara POAC adalah baaimana cara kita melakukan manajemen diri dan perusahaan tidak hanya mengatur kebijakan-kebijakan tertentu saja dan bahwa kegiatan manajemen ini tidak skedar berupa pengaturan semata namun diikuti dar awalnya adalah pembuatan rencana, pengorganisasian kegiatan,pelaksanaan kegiatan dan terakhir pengawasan dan pengevaluasian kegiatan. Sekian sampai disini dulu tulisan ini apabila ada tulisan yang salah atau kurang berkenan mohon dimaafkan, wasallamualaikum wr wb.
Sumber :
1.PENGANTAR MANAJEMEN .PPT Dr. Bagus Nurcahyo UNIVERSITAS GUNADARMA
2. rumahedukasi.wordpress.com/2009/05/30      
3. http://mariyanto9.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar